Selasa, 01 November 2011

Zeolit Sebagai Mineral Sebaguna

Zeolit sebagai (Zeinlithos) atau berarti juga batuan mendidih, didalam riset-riset kimiawan telah lama menjadi pusat perhatian. Setiap tahunnya, berbagai jurnal penelitian di seluruh dunia, selalu memuat pemanfaatan zeolit untuk berbagai aplikasi, terutama yang diarahkan pada aspek peningkatan efektivitas dan efesiensi proses industri dan pencermaran lingkungan.
Zeolit umumnya didefinisikan sebagai kristal alumina silka yang berstruktur tiga dimensi, yang terbentuk dari tetrahedral alumina dan silika dengan rongga-rongga didalam yang berisi ion-ion logam, biasanya alkali atau alkali tanah dan molekul air yang dapat bergerak bebas .
Secara empiris, rumus molekul zeolit adalah M x/n.(AlO2)y.xH2O. Struktur zeolit sejauh ini diketahui bermacam-macam, tetapi secara garis besar strukturnya terbentuk dari unit bangun primer, berupa tetrahedral yang kemudian menjadi unit bangun sekunder polihedral dan membentuk polihedral dan akhirnya unitnya unit struktur zeolit.

Zeolit merupakan mineral serba guna. Sifat-sifat meliputi dehidrasi, adsorben, katalisator dan penukar ion
                                                                                           
                                                                                                          Gambar Struktur Zeolit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi Modul 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya

  Tujuan Pembelajaran :    CGP mampu menghubungkan materi modul ini dengan modul-modul yang didapatkan sebelumnya. Pemimpin Pembelajaran da...