Selasa, 03 Januari 2017

Gugus Fungsi (Kls XII Semester Genap)


Atom atau gugus atom yang terikat pada senyawa hidrokarbon dapat menentukan sifat-sifat senyawa karbon. Atom atau gugus karbon tersebut lebih reaktif dari yang lainnya, dinamakan gugus fungsi. Dengan kata lain, gugus fungsi adalah bagian reaktif dari seny a karbon  yang  menentukan sifat fisika dan kimia senyawa karbon.

Jika atom halogen (F,  Cl, Br, I) terikat pada senyawa  hidrokarbon maka senyawa  yang terbentuk akan memiliki sifat-sifat  fisika dan kimia yang ditentukan oleh gugus tersebut. Perhatikan Tabel  berikut :

Image result for tabel gugus fungsi

1.       Alkohol dan Eter

Alkohol dan eter adalah senyawa karbon yang mengandung atom oksigen berikatatunggal.  Kedudukan atom oksigen di dalam alkohol dan eter serupa dengan kedudukan atom oksigen dalam molekul air.
Oleh karena  itu, dapat dikatakan  bahwa struktur alkohol sama dengan struktur air. Satu atom H pada air merupakan residu hidrokarbon (gugus alkil) pada alkohol. Struktur eter dikatakan sama dengan struktur air. Kedua atom H pada air merupakan gugus alkil pada eter.

a.      Alkohol (R-OH)
Berdasarkan posisi atom karbon yang mengikat gugus hidroksil dalam senyawa  alkohol maka alkohol dikelompokkan ke dalam tiga golongan, yaitu sebagai berikut.
i.           Alkohol  primer (1°)
adalah suatu alkohol dengan gugus hidroksil (–OH) terikat pada atom karbon primer. Atom karbon primer adalah atom karbon yang mengikat satu atom karbon lain.

ii.         Alkohol  sekunder  (2°)
adalah alkohol dengan gugus hidroksil (–OH)  terikat pada atom karbon sekunder. Atom karbon sekunder adalah atom karbon yang mengikat dua atom karbon lain.

iii.       Alkohol  tersier (3°)
adalah alkohol dengan gugus hidroksil (–OH) terikat pada atom karbon tersier. Atom karbon tersier adalah atom karbon yang mengikat tiga atom karbon lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar